Akses Jalan Provinsi Palembayan Agam Putus Total Akibat Tanah Longsor

IMG-20211103-WA0008.jpg

Agam (benuanews.com) Curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Agam, Selasa (2/11/2021) sore mengakibatkan terjadinya tanah longsor dan menutup badan jalan di Jorong Koto Alam Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, M Luthfi AR mengatakan, akibat peristiwa tersebut akses lalulintas Matur Pasaman via Palembayan putus total.

“Kita mendapat informasi tanah longsor di Kecamatan Palembayan, menangapi laporan ini tim langsung diturunkan ke lapangan,” ujarnya.

Saat ini Satgas BPBD Kabupaten Agam dipimpin Kalak bersama TNI, Polri, Pemerintah Kecamatan dan Nagari turun langsung melakukan pendataan. Untuk pembersihan material longsor BPBD berkoordinasi dengan PUTR Provinsi.

Dari hasil pendataan petugas diketahui material longsor Menutupi akses jalan dengan panjang 50 Meter dan ketinggian 2 meter – 5 meter, untuk akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan.

Mengingat kondisi cuaca masih dalam kondisi hujan serta tanah masih labil dan bisa menimbulkan longsor susulan, maka pembersihan material longsor akan dilakukan pada hari rabu pagi dengan menggunakan alat berat.

“Untuk pembersihan belum bisa kita lakukan malam ini, kami mengimbau kepada masyarakat dan pengendara agar tidak melintas ke lokasi karena masih rawan longsor susulan dan dapat mengancam keselamatan,” tutupnya.

scroll to top