Adakan Sosialisasi Raperda Provinsi SUMUT, Drs,Tuani Lumbantobing,M.Si ” Keluarga Sebagai Titik Awal Pembentukan Karakter Anak Bangsa”

IMG-20221220-WA0081-1.jpg

Bangun,Gunung Malela.Simalungun.BenuaNews.com – Sosialisasi Raperda Provinsi SUMUT tentang Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat kembali digelar oleh Drs,Tuani Lumbantobing,M.Si ,yang merupakan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD SUMUT.Acara kali ini bertempat di ruang harungguan balai nagori Bangun,Kecamatan Gunung Malela,Kabupaten Simalungun SUMUT pada Selasa 20/12/2022.

Tanpak hadir pada acara ini antara lain, bapak Tuani Lumbantobing,M.Si beserta rombongan,Babinkantibmas polsek Bangun Aiptu.S.Pasaribu, Babinsa Serka Sismadi,Pejabat Pangulu Bangun Suwadak.SH, Tokoh agama,,tokoh masyarakat,aparatur pemerintah nagori dan puluhan masyarakat.

Dalam sambutannya Aiptu mengatakan bahwa ” selain kita mau menghadapi hari besar Natal dan Tahun Baru,Simalungun juga akan mengelar pesta pemilihan pangulu(Pilpanag),maka itu aktivitas masyarakat dan suhu politik akan tinggi dan memanas,hal ini bisa saja akan menimbulkan gangguan kantibmas,Maka dengan datangnya bapak Drs.Tuani Lumbantobing,M.Si ke Nagori ini,dan mensosialisasikan raperda ketertiban dan ketentraman masyarakat,dalah suatu hal yang sangat positip dan mesti kita dukung dan laksanakan.” Ujar Bhabinkantibmas.

“Selamat datang kepada bapak Drs,Tuani Lumbantobing.M.Si beserta tim ke Nagori kami ini,Walaupun bapak tidak pernah ada dari masyarakat disini memilih bapak sebagai anggota dewan,tapi bapak datang dan akan memberikan pencerahan,pengetahuan dan ilmu.sesuai thema Raperda Provinsi SUMUT tentang ketentraman dan Ketertiban Masyarakat. Dan hari ini juga kami akan membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT- DD) tahap lll yaitu untuk 3 bulan ,Oktober-November dan Desember sebanyak 90 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), jadi makin bertambah peserta kita, Kepada Masyarakat supaya dapat bermanfaat dan juga menerima pembekalan dari pak dewan kita. Di karenakan di tahun 2023 nantinya bantuan ini akan dihapus,dan hanya masyarakat dengan kreteriya Miskin Exstrim yang terbantu,marilah kita tetap berusaha ,her upaya untuk maju dan lebih baik. Janganlah bangga dikatakan orang miskin,tapi optimislah kita bisa jauh dari kemiskinan itu”, ujar Suwadak,SH. Yang juga Kasi PMN Kecamatan Gunung Malela.

Drs,Tuani Lumbantobing,M.Si yang merupakan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD SUMUT dalam paparannya tentang Peraturan Perundang – Undangan Raperda Tentang Ketertiban Umum. ” Semua kita yang hidup harus mempunyai aturan,jangan ribut dan berbuat yang merugikan diri sendiri ketertiban umum. Di agama apapun kita pasti diajarkan untuk berbuat baik dan menjauhi hal yang tidak baik. Harus rukun dan jangan ribut – ribut. Ketertiban dimulai dari Keluarga,lingkungan baru masyarakat dan negara”. Ujar beliau sambil mengetuk palu bertanda acara mengupas Ranperda Tentang Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat.

Inzani Tambunan yang juga sebagai ketua satgas anti narkoba kabupaten Simalungun dengan panjang lebar memaparkan hal- hal tentang
Ketentraman dan ketertiban umum bisa dibuat dalam peraturan dan undang undang Nagori. Karena telah diatur pada UU no. 6 tentang Nagori.
Bahwa berdasarkan pasal 17 ayat(1) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,daerah berhak menetapkan kebijakan dibidang ketentraman danketertiban umum dan perlindungan masyarakat sesuai dengan kewenangannya,itu lah dasar dan payung hukumnya.Jelas Inzani Tambunan

Setelah kurang lebih 2 jam acarapun berakhir,dari pengamatan awak media acara dilanjutkan dengan makan siang,dan pembagiaan buah tangan berupa tas yang berisi buku,masker dan hanstalizar. Serta pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa kepada 90 orang KPM

Dedi Sinaga

scroll to top