Acara Sosialisasi Pedoman Perencanaan Dan Penganggaran APBD Dibuka Oleh Wabup Labusel H.Ahmad Padli Tanjung.S.Ag.

FB_IMG_1720180142832.jpg

Acara Sosialisasi Pedoman

LABUSEL-BENUANEWS.SUMUT.COM
Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel) H. Ahmad Padli Tanjung, S. Ag membuka acara sosialisasi pedoman perencanaan dan penganggaran Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) menggunakan Aplikasi SIPD-RI di hotel Grand Central Medan, Jumat (5/7/24).

Hadir pada acara tersebut, Assisten Administrasi Umum Drs. H. Fuadi, M.AP, Kaban BKAD Imron Rohsadi, dan para peserta sosialisasi.

Wabup mengucapkan selamat datang kepada narasumber Shalia Allamah Joya, SE, M.Si, selaku Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda Selaku Sub Koorinator pada Seksi Wilayah IA Subdirektorat Perencanaan Anggaran Dareah Wilayah I Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, dan Syafina Dewi Mashitoh, A.P.Kb.N selaku Pengadministrasi Umum pada Seksi Wilayah I Subdirektorat Dukungan Teknis Perencanaan Anggaran Daerah Direktorat. Perencanaan Anggaran Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah yang berkenan hadir dalam rangkaian acara ini guna berbagi ilmu.

“Atas nama pribadi dan Pemkab Labusel saya mengucapkan selamat datang kepada narasumber yang berkenan hadir dalam rangkaian acara ini guna berbagi ilmu dalam perencanaan dan penganggaran APBD semoga segala ilmunya menjadi ladang ibadah dan membawa keberkahan, aamiin”, ucapnya

Dikatakan, sesuai dengan amanat peraturan pemerintah no 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan permendagri 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah yang menyatakan bahwa pengelolaan keuangan daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungiawaban, dan pengawasan keuangan daerah.

“Maka dalam rangka optimalisasi penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran perangkat daerah yang berkualitas, tepat waktu dengan anggaran yang efisien dan sasaran yang efektif diperlukan langkah-langkah strategis salah satunya adalah memberikan peningkatan pemahaman kepada ASN Pemkab Labusel tentang beberapa regulasi yang mengatur tentang pedoman perencanaan dan penganggaran APBD”, jelasnya

Wakil Bupati mengatakan, APBD merupakan instrumen yang sangat vital perannya dalam menggerakkan berbagai sektor pembangunan, maka diperlukan pemahaman yang lebih komprehensif terkait dengan peran APBD dalam konteks pembangunan daerah, yang harus disinkronisasikan dengan kebijakan pembangunan nasional yang dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah, karena anggaran yang pada hakikatnya merupakan amanah dari rakyat yang dilaksanakan oleh eksekutif.

“Saya harapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh pengelola data keuangan SKPD, kiranya dapat memberikan tambahan wawasan dan pemahaman kepada Pemkab Labusel.

Perlu saya sampaikan kembali agar kita harus bekerja keras dengan dedikasi yang tinggi, serta harus inovatif dan kreatif dalam mencari terobosan-terobosan baru dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada, untuk labuhanbatu selatan yang terus bergerak maju, dengan tetap berpedoman pada indikator kinerja yang telah dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (rpjmd) dan rencana strategis”, pungkasnya.(K.Nasution)

scroll to top