Dipimpin Langsung Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi, Tim Gabungan Berhasil Padamkan Api di Tasik Betung

IMG-20240728-WA0002.jpg

SIAK, Benua news com : Kepala kepolisian resor (Kapolres) Siak Polda Riau AKBP Asep Sujarwadi, S.I.K., M.S.I pimpin langsung tim gabungan pemadaman dan pendinginan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) di Kampung Tasik Betung Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak. ( 27/07/2024 )

Tim gabungan yang berjumlah kurang lebih 40 orang itu diantara nya Kapolsek Sungai Mandau IPDA Andi Azhari, S.H. beserta personil Polsek, Personil gabungan Polres Siak, tim dari BPBD Kabupaten Siak,Manggala Agni Kabupaten Siak,Penghulu Kampung Tasik Betung dan masyarakat,Personel Kodim 0322 Siak, RPK Arara Abadi Distrik 1 Melibur dan Masyarakat Peduli Api ( MPA ) Kampung Tasik Betung Kecamatan Sungai Mandau.

Diperkirakan luas lahan yang terbakar kurang lebih 10 Ha, dan sampai saat ini masih dalam proses pemadaman dan pendinginan.

Kapolres Siak AKBP Asep mengatakan bahwa kepala api menuju Hutan lindung Giam Siak Kecil ( Hutan Cagar Biosfer ) sudah berhasil dipadamkan oleh tim

“Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik oleh seluruh tim gabungan kita bisa sama sama memadamkan kepala api yang nenuju hutan lindung Giam Siak Kecil.”

AKBP Asep menerangkan bahwa Pemadaman diback up oleh Heli Water Bombing ( WB ) BNPB Provinsi Riau dan alat berat dari Dinas PU Kabupaten Siak untuk membuat sekat parit.

“Kita terkendala di ketersediaan air semua embung terdapat dalam keaadaan kering cuma mengandalkan air dari parit parit kecil di sekitar lokasi, syukur alhamdulillah kita di beckup Heli Water Bombing dari BNPB Provinsi Riau membantu pemadaman lewat udara.” Ujar nya.

Lanjut dijelaskan kegiatan dihentikan karena sudah mulai gelap dan akan dilanjutkan kembali di pagi hari.

“Kita akan lanjutkan pemadaman dan pendinginan kembali esok hari, kita akan berusaha semaksimal mungkin bersama tim gabungan untuk memastikan api padam dan tidak melebar, mohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak termasuk masyarakat sekitar, bersama kita bisa” tutup AKBP Asep.

(Agus zega)

scroll to top