50 ORANG CALON ANGGOTA PPS DI KECAMATAN SIPORA UTARA IKUTI UJIAN CAT

cat-2.jpg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Sebanyak 50 orang Calon Anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS) di Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti tahapan seleksi ujian tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) di Ruang  Labor Komputer SMAN 2 Sipora.(11/01/2023).

Kelima puluh orang tersebut berasal dari Desa Tuapejat (11 orang), Desa Sidomakmur (8 orang), Desa Sipora Jaya (14 orang), Desa Bukit Pamewa (5 orang), Desa Goiso Oinan (6 orang) dan Desa Betumonga (6 orang).

Ketua KPU Mentawai Eki Butman saat ditemui dilokasi ujian menyampaikan bahwa tahapan seleksi ujian tertulis dilaksanakan dengan cara manual konvensional dan CAT. “Karena terkendala geografis dan keterbatasan fasilitas internet, kita menggunakan dua metode yaitu metode manual konvensional/tulis dan CAT.  Yang terbagi dalam 7 titik yaitu Betaet, Sikabaluan, Saibi, Muara Siberut, Pei-pei dan Sikakap (Pagai Utara, Pagai Selatan dan Sikakap) dan Sipora (Sipora Selatan dan Sipora Utara). 6 manual dan 1 CAT,” ucap Eki.

“Untuk Betaet, Sikabaluan, Saibi, Muara Siberut, Pei-pei dan Sikakap menggunakan metode manual konvensional dan untuk Sipora menggunakan metode CAT. Perangkat CAT yang siap diguna sebanyak 36 perangkat. Dalam metode CAT in kita bagi 4 sesi, 2 sesi untuk Sipora Selatan dan 2 sesi untuk Sipora Utara, masing-masing sesi 90 menit,. Sesi 1 pukul 9.00 Wib – 10.30 Wib, Sesi 2 pukul 11.30 Wib – 13.00 Wib, Sesi 3 pukul 13.30 Wib – 15.00 Wib dan Sesi 4 pukul 15.30 Wib – 17.00 Wib,” ungkap Eki.

“Untuk Sipora Utara, dari 50 orang peserta ujian terdapat sebanyak 5 orang yang tidak mengikuti ujian, yaitu dari Desa Tuapejat 2 orang, Desa Goiso Oinan 1 orang dan Desa Betumonga 2 orang. Jadi hanya 45 orang yang hadir mengikuti ujian,” ujar Eki.

“Dari seleksi tertulis ini nanti akan dipilih 6 besar dari masing-masing desa, yang akan dilanjutkan dengan seleksi wawancara dan dipilih 3 orang setiap desa. Harapan kita, kawan-kawan PPS ini memiliki integritas dan bisa untuk membantu kerja kawan-kawan kita yang ada di PPK,” pungkas Eki.(W/D).

 

 

 

 

 

scroll to top