KAPAL KM BERILOGA DILALAP API DI DERMAGA TUAPEJAT

bakar-1.jpeg

MENTAWAI (benuanews.com) ~ Kapal KM. Beriloga berbendera Indonesia berwarna Putih Biru dengan panjang 22.85 m, lebar 8.16 m, kapasitas 189 GT dan kecepatan 8.5 knot dengan tahun pembuatan 2001 hangus terbakar saat bersandar di Pelabuhan Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.(13/07/2022).

Kapal 2 lantai milik Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sudah tidak beroperasi sejak tahun 2021 dinyatakan tidak layak berlayar karena usia tersebut terbakar sekitar pukul 14.00 Wib.
Kakansar Mentawai Akmal S.Sos saat dikonfirmasi awak Benuanews menjelaskan. “Kami menerima informasi dari Agus Saputra (Kapten KM Simasin) pada hari Rabu, 13 Juli 2022 pukul 14.04 Wib dan diperkirakan kejadian sekitar pukul 14.00 Wib.”

“Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan sumber api diketahui berasal dari ruang kemudi,” ungkap Kakansar.

Ditempat terpisah Sekretaris Dinas Perhubungan Kab. Kep. Mentawai Ikral Dinata mengaku bahwa Kapal KM. Beriloga, 2 lantai, sudah tidak beroperasi sejak Tahun 2021 dan tidak ada penjaga didalam kapal dan berkemungkinan ada anak-anak bermain didalam ruang kemudi yang berada dilantai 2.

Sekitar Pukul 14.08 WIB, Kapal Basarnas KN. Rama Wijaya bersama Tim SAR Gabungan berupaya memadamkan api dengan Water Canon Kapal KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai. Tak lama kemudian Unit Pemadam Kebakaran Mentawai tiba dilokasi dan bergabung dengan Kapal Basarnas melakukan upaya pemadaman. Pukul 15.15 Wib, Pemadaman dan Pendinginan berhasil dilakukan oleh Basarnas dan Pemadam Kebakaran.

Hingga berita diturunkan penyebab kebakaran belum diketahui dan jumlah kerugian masih dalam penghitungan pihak Dinas Perhubungan Kab. Kep. Mentawai.(W).

scroll to top